Gerakan Pramuka Masjid Istiqlal membentuk Penegak Tangguh Bermental Teguh

Madrasah Aliyah Istiqlal Jakarta News — MA Istiqlal Jakarta kembali melaksanakan salah satu program tahunan kepramukaan yaitu kegiatan perkemahan selama tiga hari dalam rangka penempuhan dan pelantikan pramuka penegak tingkat Bantara, kegiatan ini adalah salah satu bentuk dari pembinaan di kepramukaan yang berada di MA Istiqlal Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24-26 April 2018 di Cigombong Bogor.

 

Kegiatan ini sendiri merupakan prosesi penempuhan, pelantikan dan pengukuhan seorang Pramuka yang telah menyelesaikan Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak sehingga berhak menggunakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara. SKU Penegak Bantara terdiri dari 23 point yang mengandung 5 (lima) unsur area pengembangan yaitu Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual dan Fisik.

 

Meskipun melewati jalur yang terjal, berliku dan mendaki mereka ditempa dan diuji kerjasamanya secara berregu yang dipimpin oleh masing-masing pimpinan regu dan wakilnya dari awal pemberangkatan hingga sampai pada lokasi perkemahan, dalam kegiatan ini diharapkan mereka mampu menerapkan 5 unsur area pengembangan tersebut.

 

Kegiatan tersebut diikuti seluruh anggota Ambalan yang berjumlah kurang lebih 42 siswa dan terdiri dari unsur Dewan Kehormatan Penegak, Pengurus Dewan Ambalan, Calon Penegak. Sebelum Prosesi Pelantikan dilakukan, Calon Penegak yang telah menyelesaikan SKU-nya terlebih dahulu melewati Sidang Dewan Kehormatan Penegak.

 

Saat ditemui selepas penutupan kegiatan, Kak Rahman WP, S.Pd.I selaku Pembina Gugus Depan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal seseorang yang tergabung di Gerakan Pramuka, khususnya di Pramuka Penegak untuk memasuki dunia kepramukaan yang sesungguhnya.

 

“Mudah-mudahan para Pramuka yang telah dilantik dan dikukuhkan menjadi Pramuka Penegak lebih giat mengembangkan minat, bakat dan pengetahuannya di bidang kepramukaan salah satunya melanjutkan proses pendidikannya dengan mencapai Kecakapan lainnya baik itu Kecakapan Khusus (TKK) bahkan kalau bisa mencapai Pramuka Tingkat Laksana”, ungkap Kak Rahman WP, S.Pd.I.(Latif SA)