Studi Banding MIJ Menuju Sertifikasi SNI ISO 21001:2018

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan melalui perolehan sertifikat ISO 21001:2018, Madrasah Istiqlal Jakarta diwakili Tim ISO mengunjungi Sygma Foundation Bandung pada Senin, 8 Agustus 2022. Rombongan yang terdiri dari pimpinan Madrasah Istiqlal Jakarta dan lima orang Tim ISO yang diketuai Muhammad Alwi, M.Pd. ini disambut hangat oleh Ketua Yayasan Sygma Foundation Agung Sulanjana, S.Pd.

 

Dalam kesempatan ini Direktur Madrasah Istiqlal Jakarta H. Taufiqurrahman, SQ. MA. menyampaikan terima kasih atas kesediaan Sygma Foundation yang bersedia membuka diri untuk berbagi informasi tentang proses mendapatkan  sertifikat akreditasi internasional ISO 21001:2018. 

Usai mengulas secara singkat perkembangan Madrasah Istiqlal Jakarta dan menyampaikan maksud kunjungan ini, beliau berharap Sygma Foundation yang menaungi TK, SD, dan SMP Bintang Madani dapat mendampingi Madrasah Istiqlal Jakarta dalam mendapatkan sertifikat ISO 21001:2018 sebagai upaya meningkatkan mutu layanan pendidikan. Dalam waktu dekat Madrasah Istiqlal Jakarta dan Sygma Foundation akan menandatangani nota kesepahaman untuk pendampingan menuju sertifikasi internasional ISO 21001:2018.   

 

Sebagai langkah menuju sertifikasi internasional ini, Madrasah Istiqlal Jakarta telah membentuk Tim ISO yang beranggotakan perwakilan dari setiap satuan pendidikan yang berada di lingkungan Madrasah Istiqlal Jakarta, antara lain Rita Zahara, Ratih Puspa, Khairul Amin, Zaenal Pahmi, yang diketuai Muhammad Alwi. ISO 21001:2018 atau yang biasa disebut Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (SMOP) merupakan suatu standar sistem manajemen yang berfokus pada interaksi spesifik di dalam organisasi pendidikan antara lembaga pendidikan, peserta didik, pelanggan dan pihak terkait lainnya. 

 

Dengan menerapkan standar internasional ini, Madrasah Istiqlal Jakarta mendapat panduan tentang bagaimana memberikan kualitas dalam lingkungan pendidikan yang terus berubah dengan tujuan membantu penyedia layanan pendidikan dalam memberikan layanan yang lebih baik. (HUMAS MIJ) 

Related posts

Leave a Comment